Pengumuman 1
dibaca : 947 kali


"BERSAMA MEMBANGUN KARAKTER"
dibaca : 137 kali
Keseruan di Banyumili
dibaca : 232 kali

               

Pengunjung Online: 1
Total pengunjung : 42716



KEGIATAN JEDA SEMESTER DI KELAS LIMA ( 5 ) SD SANTA THERESIA MARSUDIRINI 77 SALATIGA
Artikel ini Sudah Dibaca : 2316 kali



KEGIATAN  JEDA  SEMESTER  DI  KELAS LIMA ( 5 )

SD SANTA THERESIA MARSUDIRINI 77 SALATIGA

 
 
 


FX.Ernastyono,S.Pd.SD.

            Kegiatan jeda semester 2 tahun pelajaran 2013-2014 di kelas V SD Santa Theresia Marsudirini 77 Salatiga, diisi dengan mengadakan kegiatan rekoleksi. Rekoleksi adalah  khalwat ( pengasingan diri untuk menenangkan pikiran atau mencari ketenangan batin ) pendek selama beberapa hari.

Yang melatar belakangi dipilihnya kegiatan rekoleksi sebagai kegiatan di jeda semester 2 adalah:

            A. Tujuan umum rekoleksi adalah :

                        1. Menumbuhkembangkan iman

                        2. Membangun karakter

                        3. Menumbuhkan rasa ingin berubah kea rah yang lebih baik.

            B. Tujuan khusus kegiatan rekoleksi kelas V SD St.Theresia Marsudirini 77, adalah :

                        1. Pembinaan iman anak.

                        2. Membangun karakter bagi para Siswa agar mampu hidup mandiri.

                        3. Membangun semangat untuk mengikuti UKK.

            Pengalaman rekoleksi di Wisma Anak Mandiri Getasan, Diawali pada hari Rabu, 19 Maret 2014, para siswa berkumpul di sekolah pukul 11.30 selanjutnya mendengarkan pengarahan dan checking dari Guru kelas V ( Bp.Fx.Ernastyono,S.Pd.SD).  Pukul 12.00 para siswa berangkat menuju ke Wisma Anak Mandiri Getasan dengan mengendarai mobil milik orang tua murid yang mengantar.

            Hari beranjak sore, rombongan telah sampai di tempat tujuan dengan bimbingan panitia dan guru kelas V, para siswa meletakkan barang di kamar masing-masing dan beristirahat sejenak sambil menikmati udara nan sejuk dan panorama yang mempesona.

Penatpun hilang,semua siswa, orang tua, Guru kelas V dan pembimbing rekoleksi bersiap diri di ruang pertemuan ,acara dimulai dengan doa pembukaan yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Pembimbing rekoleksi yaitu Frater Jaja memulai sesi pertama dengan mengajak para siswa dan orang tua berkumpul di halaman untuk latihan meditasi sederhana dan sharing tentang kehidupan rohani para siswa.

Selanjutnya Kegiatan rekoleksi sesi demi sesi dimulai dari :

1. Sesi Ortu Oke, Anak Oke…! Berisikan tentang tanggung jawab ortu terhadap anak dan    menciptakan suasana yang aman dan nyaman dalam kehidupan berkeluarga.

2.  Sesi Pembinaan Rohani anak-anak

     Para siswa diajak untuk memahami arti berdoa dan tata cara berdoa yang baik, selain berdoa juga para siswa diajak untuk membaca kitab suci merenungkannya dan mengungkapkan maksud dari isi bacaan kitab suci tersebut dalam bentuk sharing bersama.

3.  Sesi  TES/UJIAN …. Siapa takut…?

     Motivasi pembimbing rekoleksi kepada siswa dalam menghadapi tes dan ujian.

4.  Sesi terakhir

   Kegiatan yang berhubungan dengan raga, nyali dan adrenalin menjadi kegiatan pamungkas yang ditunggu-tunggu oleh para siswa, yaitu kegiatan out bond yang diisi dengan permainan-permainan berolah pikir dan ketangkasan,dan diakhiri dengan beradu nyali dan adrenalin yaitu naik flying fox

                Semua rangkaian kegiatan diakhiri dengan acara makan siang bersama pada pukul 13.00 WIB pada hari Kamis, 20 Maret 2014. Semua senang, semua gembira dan semua puas…..!!